NOVEL Kappa - Ryunosuke Akutagawa


Tentang Buku



Judul: Kappa (河童)
Penulis: Ryunosuke Akutagawa
Tahun: 1927
Bahasa: Jepang
Penerjemah: ---
Penerbit: ---
Sumber teks: BukuLiat
Ebook: BukuLiat




Kappa


INI adalah kisah pasien nomor 23 di suatu Rumah Sakit Jiwa yang biasa diceritakan kepada setiap orang yang dijumpainya. Bisa jadi usianya sudah lewat 30 tahun, tapi ia tampak masih sangat muda. Pengalaman separuh hidupnya... ahh... sudahlah. Ia menceritakan kisah ini kepadaku dan Dokter S. sambil mendekap kedua lututnya erat-erat dan terkadang melemparkan pandangan ke luar. (Di luar jendela berjeruji besi terdapat sebatang pohon ek yang tak berdaun walau hanya selembar daun kering pun. Dahan-dahannya menjulur ke langit yang diselimuti awan dingin.) Kadangkala ia menggerakkan anggota tubuh untuk memperkuat ceritanya. Misalnya saja, pada saat kaget tiba-tiba ia melemparkan kepalanya ke belakang....
Aku sungguh-sungguh ingin menggambarkan dengan tepat apa yang ia katakan. Tapi, jika di kemudian hari ada yang merasa kalau catatanku ini kurang memadai sebaiknya datang saja ke Rumah Sakit Jiwa A di desa..., di pinggiran kota Tokyo. Pasien muda nomor 23 ini akan membungkuk hormat kepada siapa saja, lalu menyilakan duduk di kursi tanpa bantalan. Selanjutnya, sembari tersenyum getir, dengan tenang ia akan mengulang ceritanya. Terakhir... aku ingat ekspresi wajahnya saat ia selesai bercerita. Ia bergegas hendak bangkit, seraya tiba-tiba mengayunkan tinjunya ia mendamprat setiap orang seperti ini: "Keluar, kau! Orang jahat! Kau juga tolol, pendengki, cabul, tak tahu malu, tinggi hati, keji, binatang yang suka turut campur urusan orang. Keluar, kau, orang jahat!"




Ryunosuke Akutagawa
Ryunosuke Akutagawa

Ryūnosuke Akutagawa (芥川 龍之介 Akutagawa Ryūnosuke, lahir di Tokyo, 1 Maret 1892 – meninggal di Tokyo, 24 Juli 1927 pada umur 35 tahun) adalah sastrawan Jepang yang dikenal sebagai penulis novel pendek dan cerpen. Pada tahun 1935, Kan Kikuchi mengabadikan namanya untuk hadiah sastra Penghargaan Akutagawa.
Sebagian besar karyanya berupa cerpen, seperti Imogayu, Yabu no Naka (Dalam Belukar), Jigokuhen, dan Haguruma. Cerpen-cerpen tersebut diangkat dari kisah-kisah yang terdapat dalam naskah kuno seperti Konjaku Monogatarishū dan Uji Shūi Monogatari. Selain itu, Akutagawa juga menulis cerita untuk anak-anak, misalnya: Kumo no Ito (Jaring Laba-laba) dan Toshishun.
Akutagawa tidak pernah menulis novel panjang. Novel berjudul Jashūmon dan Rojō tidak pernah diselesaikannya. Akira Kurosawa menyutradarai film Rashomon (1950) yang didasarkan pada cerpen berjudul sama karya Akutagawa. Walaupun demikian, sebagian besar kejadian dalam film diambil dari cerpen lain, Yabu no Naka (Dalam Belukar).
Akutagawa meninggal di usia muda, 35 tahun, akibat overdosis obat. Pesan terakhir yang ditinggalkan kepada sahabatnya berbunyi, "Hanya kegelisahan yang usulnya tidak jelas" (ただぼんやりした不安 Tada bonyarishita fuan?).

Komentar